Universitas Terbuka Online (Elearning UT)

By On Minggu, Maret 26th, 2017 Categories : Universitas Terbuka

Universitas Terbuka Online (Elearning UT) – Universitas Terbuka Online (Elearning UT) adalah universitas yang saat ini sangat digandrungi oleh calon mahasiswa baru di Indonesia. Universitas ini akan memudahkan mahasiswa yang tidak bisa bertatap muka secara langsung di ruangan kuliah. Dimana sistem dari universitas ini yaitu bertatap muka secara online melalui internet.

Sebelum mendaftar Universitas Terbuka Online (Elearning UT), ada beberapa ketentuan yang bisa Anda ketahui untuk mendaftar sekolah ini, yaitu sebagai berikut :

Universitas Terbuka Online (Elearning UT)

Ketentuan Anggota UT-Online

Sebelum menjadi anggota komunitas Universitas Terbuka Online (Elearning UT), ada beberapa ketentuan yang harus Anda ketahui seperti berikut ini :

  1. Yang bisa menjadi anggota UT-Online merupakan mahasiswa UT program Pendas, Non Pendas dan Pasca Sarjana.
  2. Harus mempunyai pengetahuan tentang internet, bisa mengakses halaman web serta email, dan paham tentang istilah-istilah umum seputar teknologi informasi atau internet.
  3. Harus mempunyai alamat email, bagi yang belum memiliki alamat email bisa daftarkan diri Di situs situs free email seperti yahoo, gmail,dan lain sebagainya.Universitas Terbuka Online (Elearning UT) tidak melayani permintaan untukmembuat email bagi mahasiswa.
  4. Mahasiswa harus mengisidata yang benar ketika proses aktifasi
  5. Mahasiswa tidak diperbolehkan menyebarkan informasi data username dan juga password mahasiswa untuk alasan apapun kepihak lain.
  6. Administrator sistem Universitas Terbuka Online (Elearning UT) memiliki hak untukmenghapusakun apabila mahasiswa melakukan tindakan yang bisa membahayakan sistem UT-Online dan menggunakan fasilitas UT-Online yang dapat mengganggu kepentingan komunitas UT-Online seperti penyebaran info sara dan menyinggung anggota lainnya.
  7. Administrator sistem UT memiliki hak untuk menghapus akunakun apabilamahasiswa menggunakan data yang tidak benar contohnya menggunakan email palsu.
  8. Administrator sistem UT memiliki hak untuk menghapus akun akun apabila mahasiswa tidak mengakses atau login ke situs UT-Online minimal 180 hari sejak login terakhir.
  9. Mahasiswa yang lupa password atau ingin mereset password bisa mendapatkan passwordnya kembali lewatfasilitas lupa password guna alasan keamanan. Administrator universitas tidak melayani permintaan password lewat email ataupun telepon.
  10. Mahasiswa yang akunnya terhapus bisa melakukan prosedur aktifasi ulang.
  11. Administrator sistem UT tidak bertanggung jawab terhadap semua masalah yang bisa timbul karena dilanggarnya kontrak ini.
  12. Ketentuan ini bisa berubah, dan perubahan yang ada diinformasikan secara resmi lewat situs Universitas Terbuka Online (Elearning UT).

Untuk bisa mengakses situs Universitas Terbuka Online (Elearning UT), mahasiswa wajib mengaktifasinim atau mendaftarkan diri menjadi member UT Online dan menyertakan alamat email yang benar . Email tadi akan dijadikan sumber korespodensiUTapabila mahasiswa kesulitan dalammengaksessitus ini seperti lupa password. Seluruh masalah yang bisa muncul karena penggunaan alamat email yang salah, segala kesulitan yang ada diakibatkan penggunaan email merupakan konsekuensi mahasiswa.

Waktu tenggang proses aktifasiyaitu 6 sampai 8 jam, apabila lewat dari jam itu maka proses aktifasi akan direset. Jadi mahasiswa harus melaksanakan proses aktifasi dari awal. Untuk mahasiswa baru, umumnya proses aktivasi akan mengalami masalah karena adanya jeda proses transfer data dari UPBJJ menuju kantor pusat. Oleh sebab itu,lakukan proses aktivasi 3 sampai 14 hari sesudah penutupan masa registrasi.

Untuk Tutorial Online, setiap kelas dilindungi oleh password yang acak. Mahasiswa hanya dapat ikuttutorial berdasarkan mata kuliah yang diregistrasikan di semester berjalan dan mata kuliah tadi memiliki tuton. Mata kuliah tuton akan muncul otomatis apabilamasa tutorial online sudah aktif.

Proses registrasi tutondapat dilakukan otomatis apabila data registrasi mahasiswa sudah tersimpan didatabase UT-pusat serta dilakukan ketikaTutorial Online/Tuton dimulai.

Proses sinkronisasi data registrasi dengan tuton atau registrasi tuton dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari senin sampai jumat, jadi mahasiswa yang belumaktifasitidak bisa mengikuti tuton dengan segera. Umumnya yaitu pada sore ataupun keesokan harinya.

  1. Tutorial Online untuk program NON PENDAS dimulai 1 sampai 2 minggu sesudah penutupan masa registrasi sesuai jadwal yang ada di kalender akademik.
  2. Tutorial Online untuk program PASCA SARJANA dimulai saat kegiatan akademik setiap awal semester juga dimulai.
  3. Tutorial Online untuk TAP/UKT dimulai 2 sampai 3 minggu sesudah penutupan masa registrasi.

Informasi lebih lengkap mengenai jadwal penyelenggaraan Tutonbisa dicek pada kalender akademik UT.

Terkecuali program S2, layanan tutorial online adalah layanan tambahan untuk membantu mahasiswa ketika belajar. Mahasiswa tidak diharuskan untuk ikut dalam tutorial online. Meski begitu, apabila mahasiswa mengikuti tutorial serta aktif maka akan memperoleh kontribusi nilai terhadap nilai akhir mahasiswa.

Ingatlah bahwa tidak semua matakuliah program non pendas dan pendas mempunyai tutorial online. Untuk Program S2, layanan tutorial Online wajib dilaksanakan dan mempunyai kontribusi nilai yangg berpengaruh ke dalam nilai akhir.

Mahasiswa dilarang menggunakan fasilitas ini untuk iklan produk,agregator, website,pornography, kampanye, penyebaran informasi yang berbentuk SARA, dan lain sebagainya.

Daftar matakuliah Universitas Terbuka Online (Elearning UT)

  1. Daftar Mata Kuliah Tawar Ujian Online Program S1 dan Diploma FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP masa ujian 2016.4 dan 2017.1
  2. Daftar Mata Kuliah Tawar Ujian Online S1 PGSD dan S1 PAUD masa ujian 2016.4 dan 2017.1

Pemilihan Mata Kuliah Universitas Terbuka Online (Elearning UT)

Setiap matkul/ mata kuliah diberi kode yang menunjukkan sandi program studi, jenjang pendidikan, tahun ajaran, dan urutan mata kuliah.

Untuk mahasiswa Program Non-Pendas, jumlah mata kuliah yang bisa diregistrasi setiap registrasi maksimal 24 sks dengan 10 mata kuliah. Untuk maba/mahasiswa baru Program Pendas, mata kuliah yang bisa diregistrasi yaitu satu paket.

Jika mahasiswa melakukan registrasi dua ataupun lebih mata kuliah dan waktu ujiannya bentrok, maka salah satunya akan dibatalkan sesuai urutan abjad kode mata kuliah. Mahasiswa hanya boleh ikut satu mata kuliah saat ujian, sedangkan mata kuliah yang lainnya dianggap batal dalam registrasinya. Akan tetapi jika mata kuliah yang ditawarkan sebagai mata kuliah dalam sistem ujian online, maka mata kuliah tadi bisa diregistrasikan untuk ujian SUO.

Cara Registrasi Mata Kuliah

  1. Mendaftarkan mata kuliah yang akan diregistgrasi oleh UPBJJ-UT, bisa dilakukan dengan datang langsung, lewat surat,telpon, fax, email, ataupun sms.
  2. Memperoleh LIP Registrasi dari UPBJJ-UT.
  3. Memeriksakan kebenaran LIP Registrasi,apabila masih ada kesalahan segeralah memberikan informasikan kepada petugas UPBJJ-UT guna perbaikan.
  4. Membayar biaya pendidikan di Bank BRI/BTN/MANDIRI atau lewat ATM berdasarkan tagihan yang ada di LIP Registrasi sebelum batas waktu tanggal pembayaran. Dengan begitu maka Anda akan resmi menjadi mahasiswa Universitas Terbuka Online (Elearning UT) dan terdaftar menjadi peserta Ujian Akhir Semester.
  5. Mahasiswa Non-Pendas yang ada di luar negeri harus melakukan registrasi di UPBJJ-UT Jakarta, terkecuali untuk mahasiswa yang ada di Malaysia dan juga Singapura yaitu melakukan registrasi di UPBJJ-UT Batam. Lokasi pelaksanaan ujian di luar negeri bisadicek pada lampiran 15 katalog UT Non-Pendas.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui mengenai Universitas Terbuka Online (Elearning UT) diatas. Semoga bermanfaat.

 

Universitas Terbuka Online (Elearning UT) | salampendidikan | 4.5