Tema, Tujuan dan Makna Hari Ibu Nasional Ke 88 Tahun 2016

By On Kamis, Desember 8th, 2016 Categories : Informasi Sejarah

Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 Tahun 2016 dimaksudkan untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, untuk mempertebal tekad dan keyakinan dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta tekad untuk mewujudkan perdamaian yang
dilandasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai pengamalan Pancasila

Tema utama
“Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki untuk Mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan”

Sub Tema
a. Penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak untuk mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan bermartabat;
b. Peningkatan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan kemandirian perempuan di bidang ekonomi;
c. Peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera;
d. Pembangunan pemberdayaan perempuan menuju Indonesia yang berkeadilan, berdaulat dan berdaya saing;
e. Peningkatan ketahanan keluarga dan peran lakilaki untuk mewujudkan pembangunan yang adil dan setara;

hari-ibu-nasional-2016
Slogan
a. Perempuan dan anak bebas kekerasan, masyarakat bermartabat
b. Perempuan dan laki-laki setara, Indonesia berdaya saing;
c. Perempuan dan anak maju, Indonesia kuat;
d. Keluarga harmonis, masyarakat sejahtera;
e. Keluarga sehat, ekonomi kuat

MAKNA PERINGATAN HARI IBU KE-88
1. Peringatan Hari Ibu ke-88 menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

2. Merupakan momentum untuk merenungkan tentang apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum tercapai oleh kaum perempuan Indonesia untuk kepentingan perempuan Indonesia khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya.

3. Memberikan kesempatan untuk mengoreksikekurangan dan kelemahan yang dihadapi kaum perempuan Indonesia dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya dalam kancah kehidupanberbangsa dan bernegara.

4. Sesungguhnya perjuangan meningkatkan peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih panjang, namun keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanyalah langkah awal dalam menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

Tema, Tujuan dan Makna Hari Ibu Nasional Ke 88 Tahun 2016 | salampendidikan | 4.5