Logo Google Memperingati Ulang Tahun Asep Sunandar ke 61 3 September 2016 (Google Doodle Asep Sunandars 61st Birthday )

By On Sabtu, September 3rd, 2016 Categories : Informasi Sejarah

Wayang merupakan salah satu budaya asli dari Indonesia khususnya dari pulau jawa, wayang sendiri terdari berbagai jenis yang sering kita jumpai di antaranya adalah wayang kulit dan wayang golek. Biasanya cerita dalam dunia pewayangan mengambil dari kisah mahabarata dan Ramayana. Dalam kesempatan ini admin ingin memberikan informasi yang berkaitan dengan wayang Golek, tak asing lagi bila kita mendengar wayang golek pasti akan ingat seorang dalang lengendaris Asep Sunandar.  Siapakah Asep Sunandar ? berikut Biografi singkat dari Asep Sunandar.

Asep Sunandar Sunarya atau sering dipanggil Ki Asep Sunandar Sunarya (lahir di Bandung, Jawa Barat, 3 September 1955 – meninggal di Bandung, Jawa Barat, 31 Maret 2014 pada umur 58 tahun) adalah seorang maestro wayang golek di Indonesia. Selaku dalang wayang golek Asep Sunandar Sunarya (di rumahnya biasa dipanggil Abah, di udara sebagai breaker menggunakan nama Eyang Abiyasa) konsisten pada bidang garapannya, teu incah balilahan. Ia ditakdirkan untuk menjadi dalang oleh dalang yang sesungguhnya, yakni Tuhan. Ia begitu menyatu dengan dunia wayang golek yang Ia gelutinya sehingga penghargaan demi penghargaan, baik dari tingkat lokal, provinsi, nasional, bahkan manca negara Ia dapatkan.

Tanpa adanya seorang Asep Sunandar Sunarya mungkin Cepot tidak akan sepopuler sekarang ini. Berkat kreativitas dan inovasinya, Ia berhasil meningkatkan lagi derajat wayang golek yang dianggap seni kampungan oleh segelintir orang. Peningkatan itu dilakukan dengan menciptakan wayang Cepot yang bisa mangguk-mangguk, Buta muntah mie, Arjuna dengan alat panahnya, Bima dengan gadanya begitu pula dengan pakaian wayangnya yang terkesan mewah.

Materi dan ketenaran ia dapatkan dari hasil berjuang tanpa henti dengan menghadapi berbagai dinamika kehidupan yang sering kali tidak atau kurang menyenangkan. Sebelum suka datang, tentu duka menghampiri, bahkan seringkali suka dan duka menyatu dalam rentang panjang perjalanan seorang Asep.

Untuk mengenang jasa dari Asep Sunandar, pada tanggal 3 September 2016 Google memberikan logo khusus untuk memberikan Apresiasi kepada dalang Legendaris Asep Sunandar. Jika anda melihat di kotak pencarian google hari ini maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

google doodle asep sunandars 61st birthday ( Logo Google memperingati Ulang Tahun Asep Sunandar ke 61 Tahun 2016)

Selain itu jika kita arahkan ke gambar tersebut akan muncul tulisan Ulang Tahun Asep Sunandar ke 61 atau dalam bahasa Inggris google doodle asep sunandars 61st birthday. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk semua. Salam satu data

Logo Google Memperingati Ulang Tahun Asep Sunandar ke 61 3 September 2016 (Google Doodle Asep Sunandars 61st Birthday ) | salampendidikan | 4.5